SEKLUMIT PENGERTIAN HUKUM TATA NEGARA

 SEKLUMIT PENGERTIAN HUKUM TATA NEGARA

 

 

Prof. J.H.A. Logemann, secara eksplisit menyatakan: “Hukum Tata Negara adalah hukum yang mengatur organisasi negara”. Pengertian negara (state) menurut Logemann adalah “suatu organisasi kemasyarakatan yang bertujuan dengan kekuasaannya mengatur serta menyelenggarakan suatu masyarakat”.  Sedangkan secara umum dapat dikatakan bahwa  Hukum Tata Negara (HTN) pada dasarnya adalah hukum yang mengatur organisasi kekuasaan suatu Negara beserta segala aspek yang berkaitan dengan organisasi Negara tersebut.

Terminologi  “staatsrecht” di negara Belanda  dibagi menjadi “staatsrech in ruimere zin” (dalam arti luas) dan “staatsrech In engere zin” (dalam arti sempit). Staatsrech in ruimere zin adalah Hukum Negara. Sedangkan staatsrech in engere zin adalah hukum yang membedakan Hukum Tata Negara dari Hukum Administrasi Negara, Hukum Tata Usaha Negara atau Hukum Tata Pemerintah.

Oppenheim menyatakan bahwa Hukum Tata Negara itu sama dengan negara dalam keadaan tidak bergerak (staat in beweging), sedangkan Hukum Administrasi Negara atau Hukum Tata Usaha Negara atau Hukum Tata Pemerintahan seumpama negara dalam keadaan bergerak  (staat in rust).

Sumber Hukum Tata Negara dapat dibagi menjadi 2 (dua) yaitu Sumber Hukum Formil dan Sumber Hukum Materil. Sumber hukum materil  dari Hukum Tata Negara Indonesia adalah Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia kemudian menjadi falsafah negara, yang tidak saja menjiwai bahkan harus dilaksanakan dan terwajantah dalam  setiap aspek hukum dan peraturan perundang – undangan.

Sumber hukum FORMIL  dari Hukum Tata Negara, meliputi:

  • UUD 1945;
  • TAP MPR/MPRS;
  • Undang – Undang/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang;
  • Peraturan Pemerintah;
  • Keputusan Presiden;
  • Peraturan Pelaksana (Peraturan Organik) lainnya, misalnya Peraturan Menteri, Peraturan Daerah dan sebagainya.
  • Kebiasaan ketatanegaraan (Convention);
  • Traktat/Perjanjian Internasional (Treaty);

Ruang lingkup Hukum Tata Negara adalah mencakup seluruh  struktur umum dari negara (state)  sebagai suatu organisasi, yaitu:

  1. Bentuk Negara (misalnya: apakah bentuk suatu negara  Kesatuan atau Federasi)
  2. Bentuk Pemerintahan (misalnya: apakah bentuk pemerintahannya Kerajaan atau Republik)
  3. Sistem Pemerintahan (misalnya: apakah sistem pemerintahan suatu negara adalah Presidentil, Parlementer, Monarki absolute)
  4. Corak Pemerintahan (misalnya: apakah Diktator Praktis, Nasionalis, Liberal, Sosialis, Demokrasi)
  5. Sistem Pendelegasian Kekuasaan Negara (misalnya: apakah menganut sistemSentralisasi atau  Desentralisasi, dimana sistem – sistem tersebut  meliputi jumlah, dasar, cara dan hubungan antara pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah).

Sumber hukum materil dari Hukum Tata Negara adalah sumber yang menentukan isi kaidah hukum tata negara, dalam hal ini salah satu  sumber hukum yang termasuk dalam arti materiil yaitu Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup (way of life) rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan  bernegara, adat – istiadat masyarakat Indonesia (kebiasaan), keadaan dan perkembangan tuntutan jaman di segala bidang seperti politik, ekonomi, pertahanan – keamanan, teknologi, sosial – budaya dan sebagainya.

 

Writer and Copy Right:
Appe Hamonangan Hutauruk, SH., MH.
Lecturer, Advocate and Legal Consultant
Handphone: 0818964919, 085959597919, 081213502002

 

______________________________

HIMBAUAN PARTISIPASI:

Sebagai PEMILIK dan PENULIS artikel – artikel dalam Website https://beritahukum-kebijakanpublik.com, saya menyatakan:

  • Mengajak VENDOR untuk memasang iklan pada artikel – artikel di website https://beritahukum-kebijakanpublik.com dengan langsung menghubungi saya;
  • Mempersilahkan rekan – rekan dan khalayak umum untuk mengcopy seluruh konten yang terdapat dalam website https://beritahukum-kebijakanpublik.com. Akan tetapi sebagai ungkapan KEPEDULIAN kiranya berkenan memberikan partisipasi sukarela melalui transfer ke rekening Bank BNI No. 0263783536 atas nama APPE HUTAURUK.

Semoga dengan kepedulian yang diberikan, saya dapat terus berkarya memposting artikel – artikel yang bermanfaat bagi dunia pendidikan, masyarakat serta bangsa dan negara.

#SalamPersasaudaraan:
APPE HAMONANGAN HUTAURUK

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=n-9QgiUvSUM&t=12s

LAW  FIRM APPE  HAMONANGAN   HUTAURUK & ASSOCIATES
KETUA  UMUM  DPP LSM  KOMAKOPEPA
AKTIVIS’98

Leave a Reply