BAHASA EKONOMI DALAM TERMINOLOGI

Uncategorized

BAHASA EKONOMI DALAM TERMINOLOGI

 

Company Union ~ Organisasi Serikat Kerja yang dianggap sangat menaruh perhatian pada pimpinan perusahaan. Oleh karena itu, serikat tersebut kepentingan para anggotanya berhubung dapat diajak berkompromi dengan perusahaan.

__________

Doomsday strike ~ Pemogokan yang dapat terjadi segera sebelum perundingan diawali, diciptakan untuk menekan pihak management.

__________

Dormant company ~ Perusahaan yang tidak ada kegiatan tetapi terus menepati persyaratan hukum untuk meneruskan keberadaannya.

__________

Double account company ~ Sistem laporan akuntansi bagi perusahaan publik, yang menjaga pemisahan neraca untuk modal dan untuk transaksi umum.

__________

Drawn bond ~ Obligasi yang berhenti memperoleh bunga sewaktu tanggal penebusannya telah jatuh tempo.

__________

Drug on market ~ Situasi dalam pasar yang mana sebuah komoditi terlalu banyak persediaannya, sehingga tidak dapat dijual.

__________

Economic imperialism (Imperialisme ekonomi) ~ Luasnya kedaulatan atau pengaruh sebuah bangsa atas wilayah dan orang – orang asing untuk tujuan memperoleh bahan mentah, menciptakan pasar untuk barang – barang jadi, atau mencari kesempatan penanaman modal yang menguntungkan.

__________

Economic indicator ~ Penggolongan informasi ekonomi, yang digunakan dalam analisis peramalan business cycle.

__________

Economic life period (Usia ekonomi) ~ Periode yang menunjukkan suatu proyek investasi akan menghasilkan imbalan.

__________

Economic lot size ~ Kuantitas sebuah unit persediaan yang digunakan secara teratur.

__________

Economic Man ~ Pengembaraan seorang manusia yang digunakan dalam ilmu ekonomi. Manusia ekonomik dianggap rasional, dan berpengetahuan banyak serta bertindak sedemikian sehingga dia akan memperbesar kemanfaatan sebagaimana ia mengartikannya.

__________

Economic mobilization ~ Setiap usaha untuk memusatkan energi produktif suatu bangsa diatas beberapa tujuan besar, seperti pertahanan nasional atau penuntutan perang yang berhasil.

__________

Economic sanctions ~ Ketetapan untuk menjamin kesesuaian suatu keadaan, keputusan atau undang – undang dengan tindakan tindakan ekonomi, seperti boikot, embargo, pengawasan kredit, atau pembatasan perdagangan.

__________

Economic scarcity ~ Keadaan yang ada jika tenaga beli yang tersedia pada harga – harga lazim, tidak mencukupi untuk mempertahankan fasilitas produktif untuk barang – barang konsumsi yang bekerja penuh.

__________

Formal organization ~ Sistem pekerjaan, hubungan kewenangan tugas dan tanggung jawab yang dirancang oleh seorang manager untuk menyelesaikan pekerjaan.

__________

FORTRAN (akronim dari Formula Translation) ~ Bahasa aljabar yang dipergunakan secara luas dalam pemberian kode aplikasi ilmiah untuk computer.

__________

Forward price ~ Usulan untuk mengurangi ketidakpastian harga dan mendorong stabilitas yang lebih besar dalam pertanian melalui pemanfaatan sistem harga sebagai mekanisme penyesuaian.

__________

Forward purchases ~ Barang – barang yang dibeli dalam jumlah banyak, untuk diserahkan kemudian hari dan pada harga yang telah disetujui.

 

Created  and Posted By:
Appe Hamonangan Hutauruk, SH., MH.
Lecturer, Advocate and Legal Consultant
Handphone: 0818964919, 085959597919, 081213502002


______________________________

HIMBAUAN PARTISIPASI:

Sebagai PEMILIK dan PENULIS artikel – artikel dalam Website https://beritahukum-kebijakanpublik.com, saya menyatakan:

  • Mengajak VENDOR untuk memasang iklan pada artikel – artikel di website https://beritahukum-kebijakanpublik.com dengan langsung menghubungi saya;
  • Mempersilahkan rekan – rekan dan khalayak umum untuk mengcopy seluruh konten yang terdapat dalam website https://beritahukum-kebijakanpublik.com. Akan tetapi sebagai ungkapan KEPEDULIAN kiranya berkenan memberikan partisipasi sukarela melalui transfer ke rekening Bank BNI No. 0263783536 atas nama APPE HUTAURUK.

Semoga dengan kepedulian yang diberikan, saya dapat terus berkarya memposting artikel – artikel yang bermanfaat bagi dunia pendidikan, masyarakat serta bangsa dan negara.

#SalamPersasaudaraan:
APPE HAMONANGAN HUTAURUK

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=KBLO8c0LND8&t=2s

LAW  FIRM APPE  HAMONANGAN   HUTAURUK & ASSOCIATES
KETUA  UMUM  DPP LSM  KOMAKOPEPA
AKTIVIS’98

Leave a Reply

1 comment

  1. Pingback: 1mutation