KISAH – KISAH BANJIR SETINGGI GUNUNG

KISAH – KISAH BANJIR SETINGGI GUNUNG

 

Air bah pernah dibuat Allah sebagai hukuman karena kedegilan hati manusia saat itu. Kisah tersebut dapat anda baca secara tuntas pada Kejadian 6:9 – 9:17. Namun, peristiwa tersebut menyebar ke hampir semua bangsa sehingga menjadi legenda, bahkan mitos yang mengalami berbagai penambahan dan pengurangan dari kisah aslinya. Misalnya, tokoh utamanya berubah – ubah. Dalam Perjanjian Lama tokoh utamanya adalah Nuh (Noah). Orang Sumeria menyebutnya Ziusudra. Orang Mesopotamia menyebutnya Utanapishtim. Orang India Kuno menyebutnya Manu. Berikut ini dideskripsikan beberapa peristiwa BANJIR BESAR sebagai legenda yang dianggap  pernah terjadi, sebagai berikut: 

 

 

KISAH DARI EROPA:

 

  • Wales (wilayah Celtic di Inggris) ⇒  terdapat  alkisah dimana Dwynwen dan Dwyfach selamat dari bencana besar dengan sebuah kapal ketika AIR BAH  yang mengerikan terjadi pada saat Danau Llynllion meluap. Setelah surut, mereka berdua memulai kehidupan kembali di daratan Inggris.

 

  • Skandinavia termasyur  legenda Nordic Edda yang mengisahkan Bergalmir dan isterinya yang selamat dari banjir dengan sebuah kapal besar.

 

  • Lithuania  terdapat  cerita bahwa beberapa pasang manusia dan binatang diselamatkan dengan berlindung di puncak gunung tinggi. Ketika angin dan banjir berlangsung selama duabelas hari, duabelas malam dan mulai mencapai ketinggian gunung. Sang Pencipta melemparkan kulit kacang raksasa kepada mereka sehingga dapat berlayar bersama kulit kacang raksasa ini.

 

 

KISAH DARI ASIA:

 

  • Sumeria Dewa Enlil memberitahu kepada banyak orang bahwa dewa – dewa yang lain ingin menghancurkan umat manusia. Namun ia  berkenan untuk menyelamatkan. Sang dewa memberitahu Ziusudra agar selamat dari banjir, ia harus membuat kapal besar dan melarikan diri dari banjir itu.

 

  • Mesopotamia Utanapishtim menceritakan bahwa Dewa Ea telah menyuruhnya membuat perahu dan memberitahunya tentang ukuran dan bentuknya. Ia juga disuruh supaya membawa benih – benih makhluk hidup. Kemudian, badai besar menjungkirbalikkan segala sesuatu selama enam hari, enam malam. Pada hari ketujuh, badai reda. Utanapishtim melihat bahwa di luar kapal semua telah menjadi lumpur yang lengket dan kapalnya terdampar di gunung Nisir.

 

  • India sesorang bernama Manu diselamatkan dari banjir bersama Rishiz. Menurut legenda, ikan yang ditangkap Manu dan dilepaskan, tiba – tiba membesar dan menyuruhnya untuk membuat perahu dan mengikatkan ke tanduknya. Ikan tersebut menarik kapal, mengarungi ombak besar, dan membawanya ke utara, ke gunung Hismavat.

 

 

KISAH DARI JAWA:

 

Stephen Oppenheimer dari Universitas Oxford, London, lewat dalam bukunya yang berjudul  “Eden in The East” mengkisahkan bahwa BENUA  yang Tenggelam di Asia Tenggara, ketika dunia hanya berbagi cerita tentang banjir besar nabi Nuh, masyarakat di Asia Tenggara memiliki dongeng yang lebih len gkap. Mereka tidak hanya mempunyai dongeng tentang banjir tetapi juga dongeng tentang kehidupan yang kacau setelah banjir besar. Semua dongeng di Asia Tenggara yang b ertema matahari dan bulan merupakan dongeng – doneng pasca banjir karena saat banjir kondisi berkabut sehingga mereka yang selamat tidak bisa melihat matahari dan bulan selama beberapa waktu. Dengan demikian, kemunculan matahari dan bulan pertama kali setelah bencana dianggap berkat dari dewa – dewa. Lalu, dongeng – dongeng penciptaan bermunculan, termasuk kemunculan matahari dan bulan.

Dongeng Jawa yang sangat populer yang menceriterakan tentang kemunculan bulan adalah Jaka Tarub. Tokoh Jaka Tarub  adalah pemuda yang mengintip bidadari, yang mandi di danau, mencuri selendang Nawang Wulan (bulan) – salah satu bidadari, dan menikahinya. Menurut Oppenheimer, bidadari mandi di danau merupakan metafora kemunculan bulan yang cahanya memantul di permukaan air. Metafora ini diperkuat dengan tujuh bidadari. Jumlah tujuh merupakan rasi bintang Pleiades yang menandai musim tanam.

Adapted and Posted By:
Appe Hamonangan Hutauruk


 

LAW  FIRM APPE  HAMONANGAN   HUTAURUK & ASSOCIATES
KETUA  UMUM  DPP LSM  KOMAKOPEPA
AKTIVIS’98

Leave a Reply

News Feed