by

REFORMASI BIROKRASI

REFORMASI BIROKRASI

 

Pemerintah  sebagai BIROKRAT atau APARATUR negara  merupakan salah satu aktor, disamping DUNIA USAHA dan MASYARAKAT dalam pengelolaan suatu negara. Hubungan ketiga aktor mempunyai  posisi sejajar, setara, saling mengontrol (checks and balances), dan membentuk struktur jejaring (networking) dalam suatu sistem sosial politik.

Tetapi dalam hubungan yang setara tersebut, harus dihindari terjadinya praktek – praktek Kolusi dan Nepotisme yang mengarah pada perilaku korup sehingga merugikan kepentingan negara. Oleh karena itu perlu dilakukan REFORMASI BIROKRASI secara menyeluruh, sistematis dan berkelanjutan.

Reformasi Birokrasi merupakan upaya pembinaan, penyempurnaan dan pengendalian manajemen pemerintahan secara terencana, sistematis, bertahap, komprehensif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja seluruh aparatur negara dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.

Pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut beberapa aspek antara lain: kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business process), dan sumber daya  aparatur.

Melalui pembaharuan dan perubahan tersebut diharapkan fokus pelayanan publik (public service) menjadi professional, cermat, efektif, effisien dan tidak diskriminatif.

Apakah Saudara dan Saya telah merasakan pembaharuan dan perubahan pelayanan publik melalui REFORMASI BIROKRASI pada pemerintahan saat ini?

Apabila belum maka saya dan saudara berhak dan dapat melakukan KRITISI YANG MEMBANGUN kepada Pemerintah.

 

Writer and Copy Right:
Dr. (Cand.) Appe Hamonangan Hutauruk, SH., MH.
Lecturer, Advocate and Legal Consultant
Handphone: 0818964919, 085959597919, 081213502002

 

______________________________

HIMBAUAN PARTISIPASI:

Sebagai PEMILIK dan PENULIS artikel – artikel dalam Website https://beritahukum-kebijakanpublik.com, saya mengajak:

  • Mengajak VENDOR untuk memasang iklan pada artikel – artikel di website https://beritahukum-kebijakanpublik.com dengan langsung menghubungi saya;
  • Mempersilahkan rekan – rekan dan khalayak umum untuk mengcopy seluruh konten yang terdapat dalam website https://beritahukum-kebijakanpublik.com. Akan tetapi sebagai ungkapan KEPEDULIAN kiranya berkenan memberikan partisipasi sukarela melalui transfer ke rekening Bank BNI No. 0263783536 atas nama APPE HUTAURUK.

Semoga dengan kepedulian yang diberikan, saya dapat terus berkarya memposting artikel – artikel yang bermanfaat bagi dunia pendidikan, masyarakat serta bangsa dan negara.

#SalamPersasaudaraan:
APPE HAMONANGAN HUTAURUK


 

https://www.youtube.com/watch?v=sgMIHX6DLf8&t=19s

LAW  FIRM APPE  HAMONANGAN   HUTAURUK & ASSOCIATES
KETUA  UMUM  DPP LSM  KOMAKOPEPA
AKTIVIS’98

Comment

Leave a Reply

News Feed